Rabu, 28 November 2012

Profil Kabupaten Bulungan



Nama daerah: Kabupaten Bulungan
Provinsi: Kalimantan Utara
Luas: 18.010,50 km2
Penduduk: 135,915 jiwa (Sensus 2011)
Kode Area Telepon: 0552
Kecamatan: 10
Situs Resmi: http://www.bulungan.go.id/

Nama Bulungan berasal dari sebuah Kesultanan yang pernah ada di daerah tersebut yaitu Kesultanan Bulungan yang berkedudukan di Tanjung Palas.

Kabupaten ini sebelumnya merupakan wilayah Provinsi Kalimantan Timur, dan sejak Oktober 2012 menjadi bagian dari Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) dan ditetapkan sebagai ibukotanya. Kabupaten Bulungan merupakan induk dari semua kabupaten yang menjadi bagian Provinsi Kalimantan Utara. Sejak tahun 1999, kabupaten ini telah dimekarkan menjadi tiga kabupaten dan satu kota, yaitu: Kabupaten Bulungan, Kabupaten Malinau, Kabupaten Nunukan dan Kota Tarakan. Kemudian pada 2007 dimekarkan lagi dari Kabupaten Bulungan.

Kabupaten Bulungan beribukota di Kota Tanjung Selor, sebuah kota pedalaman yang tenang dan nyaman. Hanya 20 ribu penduduk tinggal di kota ini, sebagian besar berprofesi sebagai Pegawai Negeri Sipil dan pedagang. Kehidupan di kota ini sungguh menyenangkan.

Untuk menuju ke Tanjung Selor pada umumnya kebanyakan orang melalui Kota Tarakan dengan pesawat udara. Lantas disambung dengan Speed boat selama satu jam perjalanan. Tetapi bisa juga langsung terbang dari Balikpapan atau Samarinda menuju Tanjung Selor, karena kota ini telah memiliki Bandar Udara perintis dengan jadwal penerbangan reguler dari Samarinda, ibukota Provinsi Kalimantan Timur.

Kecamatan dan desa di Kabupaten Bulungan:
1. Kecamatan Peso (10 desa), meliputi: Lepak Aru, Long Bia, Long Buang, Long Lasan, Long Leju, Long Lian, Long Peleban, Long Peso, Long Yiin/Pelaah, Muara Pengean (Kodepos: 77261)
2. Kecamatan Peso Hilir / Peso Ilir (6 desa), meliputi: Long Bang, Long Bang Hulu, Long Lembu, Long Telenjau, Long Tungu, Naha Aya. (Kodepos: 77261)
3. Kecamatan Pulau Bunyu (3 desa), meliputi: Pulau Bunyu Barat, Pulau Bunyu Selatan, Pulau Bunyu Timur (Kodepos: 77281).
4. Kecamatan Sekatak (22 desa), meliputi: Ambalat, Anjar Arip (Anjararef), Bambang, Bekiliu, Bunau, Kelincawan, Kelising (Keliising), Kelumbunan (Kelembunan), Kendari, Keriting, Liu Agu (Liagu), Maritam, Paru Abang, Pentian, Punan Dulau, Pungit, Sekatak Bengara, Sekatak Buji, Tenggiling, Terindak, Turung, Ujang. (Kodepos : 77263)
5. Kecamatan Tanjung Palas (9 desa), meliputi: Antutan, Gunung Putih, Pejalin, Tanjung Palas Ilir/Hilir, Karang Anyar, Teras Baru, Teras Nawang, Tanjung Palas Ulu/Hulu, Tanjung Palas Tengah. (Kodepos: 77216)
6. Kecamatan Tanjung Palas Barat (5 desa), meliputi: Long Beluah, Long Pari, Long Sam, Mara Hilir, Mara Satu. (Kodepos : 77217)
7. Kecamatan Tanjung Palas Tengah (3 desa). meliputi: Salim Batu, Silva Rahayu, Tanjung Buka (Kodepos: 77216)
8. Kecamatan Tanjung Palas Timur (8 desa), meliputi: Binai, Mangkupadi, Pura Sajau, Sajau, Sajau Timur, Tanah Kuning, Tanjung Agung, Wono Mulyo. (Kodepos: 77215)
9. Kecamatan Tanjung Palas Utara (6 desa), meliputi: Ardi Mulya, Karang Agung, Kelubir, Panca Agung, Pimping, Ruhui Rahayu (Kodepos: 77215)
10. Kecamatan Tanjung Selor (9 desa), meliputi: Tanjung Selor Ulu/Hulu, Apung, Bumi Rahayu, Gunung Sari, Gunung Seriang, Jelarai Selor, Tanjung Selor Ilir/Hilir, Tanjung Selor Timur, Kelurahan/Desa Tengkapak. (Kodepos: 77212)

3 komentar:

  1. Halo, Saya dr.Dewi dari Malang.
    Saya ditawari Dinkes Bulungan utk PTT Daerah di PKM Long Beluah. Karena saya blm pernah kesana, saya mohon informasi tentang kondisi daerah, air telepon listrik, transportasi, fasilitas, dll yg sekiranya perlu utk saya bila bekerja di sana.
    Terima Kasih.

    BalasHapus
  2. Mohon bantuan dan informasi no tlp kantor 10 kecamatan yg ada di Kabupaten Bulungan. Daftar no tlp tsb bisa email ke nurkholis.nk@gmail.com
    Trimakasih

    BalasHapus
  3. Assalamualaikum saya fudhola dari kraton pekalongan jawa tengah...Nof 2019 kami sekeluarga menjadi warga tanjung buka sp6B...sama rombongan 200kk lebih dari jawa dan lokal kaltara siap membangun bulungan kaltaraINDONESIA

    BalasHapus