Kamis, 29 November 2012

Profil Kota Tarakan


Nama Daerah: Kota Tarakan
Provinsi: Kalimantan Utara
Luas: 250,80 km²
Penduduk: 239.787 jiwa
Kode Telepon: 0551
Kecamatan: 4
Situs Resmi: http://www.tarakankota.go.id/

Kota Tarakan merupakan satu-satunya kota di Provinsi Kalimantan Utara dan juga merupakan kota terkaya ke-17 di Indonesia. Kota ini memiliki luas wilayah 250,80 km² dan berpenduduk sebanyak 239.787 jiwa. Tarakan atau juga dikenal sebagai Bumi Paguntaka, berada pada sebuah pulau kecil. Semboyan dari kota Tarakan adalah Tarakan Kota "BAIS" (Bersih, Aman, Indah, Sehat dan Sejahtera).

Tarakan menurut cerita rakyat berasal dari bahasa tidung “Tarak” (bertemu) dan “Ngakan” (makan) yang secara harfiah dapat diartikan “Tempat para nelayan untuk istirahat makan, bertemu serta melakukan barter hasil tangkapan dengan nelayan lain. Selain itu Tarakan juga merupakan tempat pertemuan arus muara Sungai Kayan, Sesayap dan Malinau.

Kota Tarakan terbagi atas 4 kecamatan, yaitu
1.  Tarakan Barat. Kecamatan ini merupakan kecamatan tersempit, terpadat dan terbanyak penduduknya serta menjadi pusat perekonomian di Tarakan, terbagi 5 kelurahan: Karang Anyar, Karang Anyar Pantai, Karang Balik, Karang Rejo, Karang Harapan.
2. Tarakan Tengah terdiri dari 5 kelurahan: Pamusian, Kampung 1 Skip, Selumit, Selumit Pantai.
3. Tarakan Timur terdiri dari 7 kelurahan: Lingkas Ujung, Gunung Lingkas, Kampung IV, Kampung VI, Mamburungan, Mamburungan Timur, Pantai Amal.
4. Tarakan Utara terdiri atas 3 kelurahan: Juata Permai, Juata Laut, Juata Kerikil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar