Jumat, 14 Desember 2012

Profil dan Grand Design Kabupaten Malinau


Malinau adalah sebuah kabupaten yang terletak di Provinsi Kalimantan Utara, Indonesia. Luas kabupaten ini adalah hampir separuh dari luas keseluruhan Provinsi Kalimantan Utara.
Kabupaten Malinau memiliki jumlah penduduk sekitar 62.423 jiwa memiliki luas wilayah sebesar 39.799,90 km2. Terdiri dari 12 kecamatan dan 106 desa/kelurahan yang terdiri dari kec. Malinau Kota, kec. Malinau Utara, kec. Malinau Barat, kec. Malinau Selatan, kec. Mentarang, kec. Mentarang Hulu, kec. Bahau Hulu, kec. Pujungan, kec. Kayan Hulu, kec. Kayan Hilir, kec. Kayan Selatan dan kec. Sungai Boh.
Kabupaten Malinau berbatasan dengan Serawak, Malaysia di sebelah barat, dengan Kabupaten Nunukan di sebelah utara, dengan Kabupaten Bulungan, Berau dan Tana Tidung disebelah timur, dan dengan Kabupaten Mahakam Ulu (Kutai Barat) di sebelah selatan. 

Pulau Kalimantan dan Pulau Borneo (Sabah, Sarawak & Brunei) pada umumnya dihuni oleh suku Dayak sehingga mempunyai lebih dari 6 suku besar dan 405 sub sukunya lagi. Sedangkan mayoritas suku Dayak yang ada di kabupaten ini umumnya didominasi oleh suku Dayak Tidung, lalu diikuti oleh suku Dayak Kenyah, Dayak Burusu, Dayak Lundayeh, Dayak Tagal, dan Dayak Merap.

Grand design Kabupaten Malinau selanjutnya bisa dibagi menjadi 4 kabupaten, yaitu:
1. Kabupaten atau Kota Malinau (kabupaten induk), dengan ibukota di Malinau, yang meliputi: Kec. Malinau Kota, Kec. Malinau Barat dan Kec. Malinau Utara.
2. Kabupaten Malinau Mentarang, dengan ibukota di Mentarang, yang meliputi kec. Malinau Selatan, Kec. Mentarang dan Kec. Mentarang Hulu.
3. Kabupaten Pujungan Bahau, dengan ibukota di Long Pujungan, yang meliputi Kec. Pujungan dan Kec. Bahau Hulu. 
4. Kabupaten Apau Kayan, yang beribukota di Long Nawang, meliputi Kec. Kayan Hilir, Kec. Kayan Hulu, Kec. Kayan Selatan dan Kec. Sungai Boh.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar